Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku
[Adz-Dzaariyat (51) ayat: 56]
Mulailah dengan kesadaran bahwa kehadiran Anda di kehidupan ini PASTI untuk sesuatu yang penting.
[Mario Teguh]
Loading...

Kamis, 05 April 2012

ETIKA DALAM JEJARING SOSIAL

1. Harus lebih berhati-hati dalam bertutur, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Apa maksud yg kita ucapkan belum tentu sesuai dengan yang diterima orang lain & kemungkinan salah persepsi itu ada. Terutama bila yang ngajak ngomong adalah lain jenis (pria - wanita). Semoga selalu dijaga & dijauhkan dari fitnah dunia.

2. Hindari penggunaan huruf capslock yg berlebihan. KARENA HURUF SEPERTI INI MENGESANKAN ANDA SEDANG BERTERIAK!

3. Kalau mengepost di wall teman, pikirkan apa nanti akan timbul fitnah dari kata2 yg kita ucapkan (ketik)?

4. Waspada pula ketika sedang chatting di chatroom, karena bisa saja komen anda yang dirasa menyakiti perasaan seseorang dapat di snapshot (alt+f10). Sudah banyak yang dituntut karena ini.

5. Kurangi post yang bernada galau, karena segala ucapan kita baik di dunia nyata maupun dunia maya tentu akan dipertanggungjawabkan di 'akhir'. Postinglah sesuatu yg bermanfaat, dan berkomentarlah dengan cerdas dan sewajarnya.

6. Be a good person, not annoying person. Anggap FB ini sebagai sarana utk berdakwah, bukan sarana mengumbar kemesraan di dunia maya. Apa lagi kalau mesra tidak pada tempatnya, suami/istri aja bukan.. na'udzubillah.

7. Hati2lah dalam berbagi informasi diri di jejaring sosial apapun. Bisa saja informasi pribadi kita disalahgunakan oleh pihak/oknum tak bertanggungjawab. Miris, karena ada beberapa teman akhwat yg mengupload foto dirinya ketika sedang tidak menggunakan hijab.

8. Last but not least, hati2 ketika sedang memasuki sebuah application (seperti: arti namamu, pasanganmu di masa depan, kucing anda di masa depan, dsb). Karena Anda diharuskan memberi data pribadi personal anda, akhirnya banyak akun fb yang terkena hack dan spam.

1 komentar:

etika dlm socmed sangat penting krn banyaknya kata2 yg tdk pantas dlm socmed tsb

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More