- Pemasaran
- Gunakan taktik marketing mix -4P+P (price, product, promotion, place, +people)
* Price flexible, jangan merusak harga pasar!
* Product, tentukan level kualitas produk/jasa yang akan dijual
* Promotion, via koran, brosur, internet, dll (depend situation)
* Place/Distribution, menggunakan tenaga sales aktif maupun sales counter
* People, khusus jasa diperlukan pekerja yang spesialis dibidangnya
- Keuangan
- Keuntungan yang didapat sebaiknya diinvestasikan lagi
- Pembayaran cash diutamakan, kredit diberikan kepada customer yang sangat dipercaya
- Penerapan margin yang flexible dengan memperhitungkan arus kas masuk dan keluar
- Operasi
- Azas efektif dan efisien
- Cari resouces (barang/jasa) yang termurah tanpa mengorbankan spesifikasi (beli bahan dari
pabrik atau distributor besar bila memungkinkan)
- Gunakan proses (produksi/layanan) yang paling efektif dan efisien)
- Gunakan keunggulan produk perusahaan untuk mendapat keuntungan lebih
- Sumber Daya Manusia
samping mereka mempunyai tanggung jawab pribadi, juga tanggung jawab bersama dengan
karyawan lainnya. Misalnya, bagian administrasi juga membantu bagian marketing ketika
mereka sedang tidak sibuk dan begitu pula sebaliknya.
- Rekrut pegawai dengan seleksi dan wawancara untuk mengetahui kapasitas dan kapabilitas
- Buat rapat kordinasi secara rutin dengan pegawai untuk refreshing visi dan misi perusahaan
- Punished & Reward terhadap pegawai harus jelas!
- Insource & Outsource pegawai (depend load and term)
0 komentar:
Posting Komentar