Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku
[Adz-Dzaariyat (51) ayat: 56]
Mulailah dengan kesadaran bahwa kehadiran Anda di kehidupan ini PASTI untuk sesuatu yang penting.
[Mario Teguh]

Minggu, 30 November 2008

Get Inspired! (1) -Thank's Dika

Cari ide memang susah-susah gampang. Kadang bila sudah mandek, stres bisa menghinggapi, dan pada ijungnya kita tak dapat berkarya sama sekali. Hanya karena tidak ada inspirasi. Berikut tulisannya Raditya Dika di majalah Bukune edisi Mei 2007 (walaupun jadul, gagasannya tidak basi) yang mampu memberi kita inspirasi bagaimana mendapat inspirasi.

Pertanyaan yang diberikan novelis Ratih Kumala terhadap orang yang ingin menulis novel ialah, "Bisakah kamu menulis hingga titik terakhir?". Namun, justru hal yang nggak kalah susah adalah menjawab pertanyaan, "Bisakah kamu memulai menulis?"

Yup banyak orang yang ingin menulis novel. Tetapi ketika membuka microsoft words dan siap-siap mengetik pada keyboard, eh malah terkena white paper syndrome: ga bisa nulis apa-apa, ide ga keluar sama sekali padahal kepala terasa penuh. Lima jam kemudian, malah jedotin kepala ke tembok karena stress. Gimana sih cara untuk mengalahkan susahnya mencari inspirasi?
  1. Salah satu alasan yang penulis sering katakan ketika seret inspirasi adalah, "Lagi gak mood nih." Solusinya simple: paksa. Cara paling gampang untuk mengatasi problem mood kamu adalah dengan memaksa diri kamu menulis, lepas kendali. Begitu kamu membuka word, langsung aja ketik sejadi-jadinya. Biarkan apa saja yang ada di kepala kamu tumpah. Jangan pedulikan logika cerita, ejaan, atau penuturan yang belepotan. Kalau kamu menulis novel komedi, tapi yang tertulis malah garing, biarkan saja. Toh ketika besok mood kamu udah baik, kamu akan membaca tulisan kamu yang dulu kembali dan mulai mengedit sedikit demi sedikit. Saat melakukan ini, besar kemungkinannya kamu akan berkata pada diri sendiri, " Oh ini bisa dibuat seperti ini nih. Oh, ini seru nih kayanya kalau begini." Besar juga kemungkinan semuanya yang kamu tulis kemarin akan dibuang karena jelek walaupun dicoba diedit, tapi lebih baik menulis dibandingkan tidak menulis, iya kan?
Bersambung . . .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More