Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku
[Adz-Dzaariyat (51) ayat: 56]
Mulailah dengan kesadaran bahwa kehadiran Anda di kehidupan ini PASTI untuk sesuatu yang penting.
[Mario Teguh]

Kamis, 16 September 2010

Esai, Seni Menantang Kebekuan

Esai. Berasal dari kosa kata Perancis, essayer, yang secara umum bermakna “mencoba” atau “menantang”. Esai adalah karya yang bersudut pandang personal subyektif si penulis, bukan paper ilmiah yang penuh dengan catatan kaki dan taburan kutipan teori. Esai berisi pemikiran yang dipadu dengan pengalaman, observasi lapangan, anekdot, dan pergulatan batin si penulis tentang subyek yang ditulisnya.

Adalah Michel de Montaigne (1533-1592), penulis Perancis, yang pertama menyebut karya tulisnya sebagai esai. Montaigne menjadi kiblat bagi para esais terkenal, bahkan sampai di zaman modern ini.
Pada abad 15, di tengah hegemoni gereja, Eropa dilanda kebekuan berpikir. Montaigne datang dengan tulisan-tulisan yang bernada skeptis. Dia mempertanyakan teori, konsep, juga kemapanan. Manusia, menurut Montaigne, tak akan bisa menyuguhkan kebenaran sejati. Karenanya, esai berfungsi menantang pemikiran, konsep, dan juga tatanan yang ada.

Esai terpanjang Montaigne, Apology for Raymond Sebond, mengandung selarik moto yang terkenal: “Que sais, je? What do I know?” Berbekal pertanyaan mendasar inilah, “apa yang saya tahu?”, Montaigne menulis dan menyajikan gagasannya.
Esai adalah tulisan yang membawa misi khusus si penulis. Dengan ramuan dan formula yang tepat, dia memiliki daya gebrak yang luar biasa. Tulisan Montaigne memberi kontribusi luar biasa bagi perkembangan pemikiran di Eropa pada masa renaisans. Serial Catatan Pinggir pun memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Sengkon dan Karta, misalnya, adalah esai Goenawan yang amat kuat menggambarkan tragedi peradilan sesat yang menimpa orang kecil.

Jangan lupa pula, di masa pergerakan kita juga memiliki sederet esai yang mengguncang sendi kolonialisme dan membakar semangat kebangsaan. Salah satu yang terkenal adalah R.M. Soewardi Soerjaningrat dengan esai berjudul Als ik eens Nederlander was… (Seandainya Saya Orang Belanda) yang ditulis pada 18 Juni 1913.

Oleh : Mardiyah Chamim, Tempo Institute

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More